BERBAGI ILMU YO

SUSPENSI KENDARAAN

Suspensi merupakan bagian kendaraan yang menghubungkan bodi kendaraan dengan roda. Konstruksinya dibuat sedemikian rupa sehingga kendaraan dapat berjalan dengan nyaman dan aman.

Untuk itu maka suspensi harus dapat:

  • Mengantar gerakan roda

  • Memungkinkan roda tetap menapak pada jalan

  • Mengabsorsikan dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan

  • Meneruskan gaya pengemudian dan pengereman

Sifat – sifat:

  • Gerakan salah satu roda mempengaruhi roda yang lain

  • Konstruksi sederhana, perawatan mudah

  • Gerakan pemegasan sedikit mempengaruhi geometri roda

  • Memerlukan ruang pemegasan yang besar

  • Titik berat kendaraan tidak dapat rendah (kenyamanan kurang)

  • Massa tak berpegas (aksel, roda) berat (kenyamanan kurang).

  • Bodi sedikit miring pada saat belok

Penggunaan:

Aksel belakang tanpa / dengan penggerak roda (kendaraan ringan dan berat), aksel depan (kendaraan berat) tanpa / dengan penggerak.

Macam – macam Suspensi Aksel Rigid

  1. Aksel Canggah

Ujung aksel berbentuk seperti canggah atau garpu yang dihubungkan sumbu king pin dengan spindel.

Penggunaan: Aksel dilepas kendaraan berat

  1. Aksel kepalan tinju

Ujung aksel berbentuk seperti kepalan tinju yang dihubungkan sumbu king dengan spindel

Penggunaan: Aksel depan kendaraan berat

  1. Aksel Pipa

Berpegas Koil

Lengan – lengan berfungsi untuk mengantar gerakan roda (pegas koil tidak dapat menerima beban horisontal) arah memanjang dan melintang.

Penggunaan: Aksel depan / belakang, dengan penggerak roda

Berpegas Daun

Tidak dibutuhkan lengan – lengan, karena pegas daun dapat meneruskan beban / gaya memanjang dan melintang.

Penggunaan: Aksel depan / belakang, dengan penggerak roda.

  1. Aksel De – Dion

Kedua roda dipegang batang / aksel khusus, differensial diikat pada bodi, perlu empat penghubung (joint) pada aksel roda, tidak ada perubahan geometri roda saat pemegasan, massa tak berpegas ringan.

Penggunaan: Aksel belakang dengan penggerak roda belakang.

Comments on: "SUSPENSI KENDARAAN" (6)

  1. terimakasih saya saya dapat belajar banyak
    setelah selama hampir 2 tahun fakum
    ya setidaknya dapat mengingat kembali.

  2. gundah gulana said:

    sy ga mo komen ,tp mo minta tolong utk dicarikan rumus ttg lendutan dan defleksi serta redaman pada pegas daun, trims

  3. kok ndak ada gambar na?????

  4. montir cantiq said:

    gmna dgn tipe mac pherson ma wishbone nya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: