BERBAGI ILMU YO

Ketika seorang costumer mengeluh dengan CDI imitasi yang dibelinya, ia menanyakan kenapa CDI imitasi membuat tenaga motor nggak ada alias memble, daripada saya kebanyakan teori maka aku tunjukin dengan menggunakan timing light. Pada CDI imitasi ternyata pengapian yang terjadi timingnya tidak ada spark advance dan saya jelaskan kepada pelanggan saya. Pelanggan saya manggut manggut mengerti atau tidak saya kurang tau.
Saya mau berbagi dengan pembaca. sebenarnya CDI imitasi hanya dibuat sederhana sekali, hanya menggunakan beberapa diode, resistor dan capasitor yang notabene pengapian tidak maju ketika putaran mesin ditambah. Hal ini karena di gerbang SCR hanya dipicu dengan rangkaian sederhana yang tak terkontrol sudut dwell dan spark advancenya. Kalau di CDI yang asli urusan dwell dan timing di serahkan kepada sebuah IC MB4213 yang ini tidak ada di pasaran negeri kita…
Nah untuk mengatasi hal tersebut terbersit di benak saya untuk mencoba membuat CDI dengan menggunakan microkontroler.
Kebetulan temen saya ada yang jago dibidang mikrokontroler .. nah dengan bantuan temen saya akhirnya saya bisa merangkai CDI berbasis mikrokontroler yang murah meriah dan tanpa ada keluhan seperti di atas.
Sebenarnya saya ingin meng upload foto foto dan beberapa peralatan yang saya gunakan dan bisa menambah pengetahuan anda .. namun apadaya internet saya kurang mendukung, Insya alloh lain kali saya ke warnet tuk meng uploadnya … doakan ya

Comments on: "Membuat sendiri CDI programable" (19)

  1. mantab bro,sukses slalu

  2. Saya tunggu bos infonya tentang CDI.

  3. fajar setiajid said:

    wah blh mnta contoh programnya gk,,,,

  4. ditunggu tuh pola pcb and data komponennya apa aja……

  5. uda lama di tunggu.kok gk ada…..bagi2 dong..jurusnya ampuhnya…
    di tunggu bro………………
    .

  6. kebetulan bro… kami juga sedang riset cdi programmable. kami perakit cdi di klaten
    kami tergabung dalam organisasi SIPUT MERAH. Kalo boleh kami ingin kenalan lebih jauh lagi dengan anda.

  7. jika anda berkeinginan memperbaiki cdi silahkan hubungi kami :
    nanang ( 081 393 579 479 ) karanglo, soropaten, karanganom,klaten,jawa tengah

    • SEKEDAR INFO…
      SIPUT MERAH (PERAKIT CDI … SEKARANG PINDAH DI :
      JETIS (RT 03 / RW 15), BELANGWETAN, KLATEN UTARA, KLATEN, JATENG (57436). hp 081 393 579 479–> THANKS,,

  8. kapan bos gambarnya? anyway sekedar info mengenai CDI coba lihat di
    nauval2007-moto.blogspot.com

  9. darunnajah said:

    ayo dong rangkaian cdi mikrokontrolernya, trus beli ic-nya dmana?

  10. bos kalo ada tutorialnya trus gimana aq bisa mendapatkannya? salam sukses selalu

  11. saya tunggu rangkaian cdi nya, terima kasih

  12. ayo akang2 yg dah pinter,bagi ilmux bwt experimen bkin cdi sndri

  13. cpt ksih tau ea….

  14. Ayo mas majukan teknologi pengapian Indonesia. . . . Saya juga lagi riset neh mas, pake mikro PIC 16f877a. . . tpi masih ruwet di program. . .

  15. yaaaaah, ente bs aja, udah seru bacanya, ujungnya bgt, bener g sih ente udh bikin, cb bikin cdi tanpa plash capasitor…….. munkin bs unlimit, sukses bro

  16. ass..
    mas tlong bagi donk skema cdi ny, dri yng biasa (sederhana) ampe yg unlimit ea mas..
    mksh bnggt atas perhatian.a🙂
    Fb. dani_301@rocketmail.com.
    di tnggu ea mas

  17. coba aja dimari gan… SIPUT MERAH SEKARANG UDAH PINDAH DI SINI http://www.facebook.com/people/Nanang-Lestiawan/100000576256177

  18. percuma gan kalo ga ada dyno tesnya buat ngeliat responnya …. ribet …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: